Selasa, 29 Maret 2016

Wishful Wednesday [6] Sebuah Kota Istanbul



Assalamualaikum teman-teman...

Jumpa lagi dengan saya di hari Rabu pada minggu terakhir di bulan Maret. Nah, pada edisi Rabu kali ini, dalam rangka Wishful Wednesday, saya akan sharing tentang buku dari seorang penulis yang sangat saya kagumi, yakni “Orhan Pamuk”.


Awal saya mengenal nama penulis tersebut ketika saya membaca buku “Hujan Pertama Untuk Aysila” karya Bapak Edi Mulyono / Edi AH Iyubenu. Kata-kata yang indah dengan tambahan kata motivasi, serta kata kiasan dalam ceritanya, membuat saya jatuh hati dengan tulisannya.

Apalagi, bebrapa hari yang lalu, tempat saya membeli buku via online memposting buku berjudul “Kenangan sebuah kota” yang ternyata ditulis oleh Orhan Pamuk. Sehingga membuat saya terpana, dan sebisa mungkin untuk bisa mengeksekusi buku karyanya tersebut.

Berikut saya rangkum informasi mengenai buku “kenangan sebuah kota” ini :

Judul               : Istanbul, Kenangan Sebuah Kota
Penulis           : Orhan Pamuk
Penerjemah  : Rahmani Astuti
Penerbit        : PT. Serambi Ilmu Semesta
Cetakan         : I, Edisi baru April 2015
Tebal              : 561 Hal


 
Cover Buku Istanbul, Kenangan Sebuah Kota


Novel memoar “Istanbul, kenangan sebuah kota” karya Orhan Pamuk dibuka oleh pemandangan Bosphorus dengan kilau airnya. Bosphorus nampaknya memiliki arti tersendiri bagi penulis. Bosphorus yang hampir selalu dibahas pada setiap babnya. Deskripsinya membuat saya bisa membayangkan setiap detailnya. Seakan saya menyaksikan keeksotisannya dan segala misterinya dengan mata kepala sendiri.

“Bosphorus adalah kuncinya, jantung geopolitis dunia, dan inilah sebabnya semua negara di dunia dan pasukan militernya, terutama sekali orang-orang Rusia, ingin menguasai Bosphorus kami yang indah.” Hal 306.

Bukan Haghia Sophia yang sudah melekat tentang Turki khususnya Istanbul. Melainkan dari Bosphorus, Orhan mulai menggambarkan kemurungan kotanya. Reruntuhan Byzantium, Konstatinopel hingga menjelma Istanbul. Ibarat sebuah kota yang galau termasuk dalam peringatan 29 Mei 1453. Pembaca jadi mengetahui jika Orang Barat menyebut tanggal tersebut sebagai Kejatuhan Konstatinopel sementara Orang Timur menamainya dengan Penaklukan Istanbul. Suatu hal yang tidak banyak diketahui orang.

-------------------------------------------------------------------------

Mungkin hanya sekilas cuplikan mengenai buku “Kenangan Sebuah Kota” ini. Dan masih menurut website yang saya kunjungi, ada sebuah quote yang mengisnpirasi sekali dan bisa menjadi pedoman untuk terus menulis dari seorang penulis sastra yang bukunya pernah menjadi pemenang Nobel, Orhan Pamuk.

“Aku tidak ingin menjadi pelukis,” ujarku. “aku akan menjadi penulis. – Halaman 550

Semoga saja saya bisa berkesempatan untuk memiliki buku ini, Amin… hehee. Dan semoga apa yang saya share kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya saya, hehee…
Happy Wednesday, teman ^_^
***
Untuk kamu yang juga memiliki wishlist buku, kamu juga bisa ikutan Wishful Wednesday ini, teman-teman. Caranya  :
o    Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
o    Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
o    Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post di blog Books To Share di sini). Kalau mau, silakan tambahkan button Wisful Wednesday di posting kalian.
o    Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. ^_^

Sumber Referensi :

1 komentar:

  1. Amin.. amin semoga terkabul segera ya untuk buku karya Orhan Pamuk-nya

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya...
^_^

[Resensi] Petualangan Yang Penuh Pembelajaran

 ‎ Judul ‎ ‎: Petualangan Tiga Hari‎ Penulis ‎: Dian Dahlia‎ Penerbit ‎: Penerbit Indiva Media Kreasi‎ Cetakan ‎: Pe...